0

ternyata moral aja ngga cukup

Posted by laras dini on 12.19 in , ,
hey friends...

yaa... ini nih yang lagi tuing tuing di otak gw sekarang...

hmm... tadi kuliah akpem (akuntansi pemerintahan), bersama pak sony (revrisond baswir). dari awal, gw udah tau, ni bapak 'berbeda'. ikut kelasnya jadi tantangan sendiri, apalagi buat gw yang pemalas. malas baca koran, malas nonton berita, malas update informasi. malas banyak hal deh.

akhirnya kalo ikut kelasnya, sering jadi reminder, bahwa gw(dan teman-teman lainnya) punya tanggungjawab untuk melakukan perubahan, naaah... gimana mau ngerubah yang besar-besar kalo ngubah diri sendiri aja ngga bener? iya kan?

dan tadi, lagi-lagi... gw ngerasa digampar... sama omongan bapaknya. hmm, ngga kok... bapaknya ngga marah, ngga nyindir... ngomongnya baik-baik. tapi tetep aja, DALEM! *iklan mode : on*

yaa.. jadi kita tuh lagi ngebahas paper akhir, disuruh bikin makalah dengan tema korupsi. lalu, pak sony berpesan, " saya sangat mengharapkan bahwa di bagian rekomendasi yang kalian buat nanti, ngga lagi berbau 'peningkatan moral' dan yang sejenisnya lah. percuma kalian analisis masalah, ambil teori ini itu, kalo solusinya cuma balik lagi ke moral. sama aja... "

UHUK!

bapaknya juga bilang, " solusi seperti itu, adalah wujud dari kedangkalan wawasan. udah analisis panjang lebar, ngutip sana sini, ambil teori X Y Z biar keliatan keren, pas diminta ngasih langkah nyata berbentuk solusi, yang dikasih malah langkah abstrak. kemana dong ilmu-ilmunya kalo semua masalah dibalikkin lagi solusinya ke pribadi masing-masing... "

" emang orang sakit disuruh perbaikin moral bisa sembuh? "
" kalo masalahnya bukan lagi individu, tapi sistem, apa bisa individu itu ngubah? mau sesholeh apapun, keluar dari pesantren, gereja, atau vihara manapun, kalo sistemnya bobrok, ya susah juga.. "

dan well, friends... it made me think.
yep, think (tumben nih, gw bisa mikir beneran dikit)
dan alhasil, gw kena insomnia tambah akut...

huff...

well, ini yang bikin pahit. gw harus menerima kalo...
yes! i dont know much!
gw belom tau apa-apa


beuuh... di umur segini, gw blom bisa ngasih apa-apa
wacana gw baru sebatas wacana
ilmu gw masih cetek abis!

dan sekarang, gw terserang rasa malu... dahsyat!
huks...

ngga muluk-muluk deh... rencana gw sekarang :
NGERJAIN PAPER ITU SENIAT MUNGKIN SUPAYA NGGA SAMPE ADA REKOMENDASI MORAL!!

hemm, bismillah deehh... SEMANGAT!!!!!!!!!!! :):)


p.s : kata-katanya ngga persis gitu yaa, tapi intinya ya gitu =D

|

0 Comments

Posting Komentar

the fellas...

Copyright © 2009 me talk! All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.