0

kenalan sama si insomnia

Posted by laras dini on 05.50 in , , ,

Well, sebenarnya ngga dibilang kenalan juga sih, penyakit satu ini udah muncul sejak semester II gw kuliah disini. Dulu sih awalnya karena ngerjain tugas sampai pagi, jadi mau ngga mau jadi tidur lebih larut, tapi sekarang... hiks. Kayaknya ini mulai jadi penyakit yang memarah (apa sih bahasa benernya dari tambah parah?)

Nah, pas gw coba cari di internet, nemulah gw beberapa pendapat para ahli tentang si penyakit satu ini :

Insomnia is a symptom[1] of a sleeping disorder characterized by persistent difficulty falling asleep or staying asleep despite the opportunity.

Oke, gw tau. Ini berarti gw punya kelainan tidur (disamping kelainan kelainan lain yang berjibun-jibun. Astaghfirullah... tambah banyak aja nih)



Terus ya, ternyata ada tiga tipe insomnia, yang kategorinya jangka pendek (mingguan sampe sebulanan gitu), menengah (berbulan-bulan), sampe yang terakhir insomnia kronis, yang sampe setaunan lebih. Setelah gw itung-itung, insomnia gw berarti termasuk yang... KRONIS!!

Beuuuuhhhh!!!! Sakit gw ternyata udah KRONIS! Huks...

Terus, si insom (panggilan sayang gw buat penyakit ini, red) ini juga punya pola-pola, seperti :
  1. Onset insomnia - difficulty falling asleep at the beginning of the night, often associated with anxiety disorders. (Kesulitan tidur di malam hari, biasanya karena banyak pikiran sebelum tidur)
  2. Middle-of-the-Night Insomnia - Insomnia characterized by difficulty returning to sleep after awakening in the middle of the night or waking too early in the morning. Also referred to as nocturnal awakenings. Encompasses middle and terminal insomnia. (Sering bangun tengah malam dan sulit tidur lagi, atau bangun terlalu pagi di pagi hari)
  3. Middle insomnia - waking during the middle of the night, difficulty maintaining sleep. Often associated with pain disorders or medical illness. (Bangun di tengah malam, ngga tahan tidur lama)
  4. Terminal (or late) insomnia - early morning waking. Characteristic of clinical depression. (Bangun terlalu pagi, biasanya karena depresi)
Pas dicari tahu penyebabnya, ternyata yang paling utama biasanya adalah... STRES!!! Oh God, emang gw stres yaa?? Huks...! Selain stres, penyebab lainnya adalah rasa takut, cemas berlebihan, konsumsi berlebihan pada : obat-obatan, kafein, dll...

Terus... dibaca penyebabnya lagi... JRENG!!!!!!!!!
Mental disorders such as bipolar disorder, clinical depression, general anxiety disorder, post traumatic stress disorder, schizophrenia, or obsessive compulsive disorder.. Masak sih gw sampe mengalami disorder. Ampun deh, kayaknya ngga segitunya >,< (tapi kalo di buku yang pernah gw baca, orang yg punya kelainan, jarang sadar. So?? Astaghfirullah, jangan ampe deh...)

huhuhu... lalu, solusinya apa?

di artikel yang gw baca dari sini nih... solusi yang paling efektif adalah membangun kebiasaan tidur sehat.
Caranya, pergi tidur pada waktu yang sama setiap malam dan bangun pagi pada jam yang sama pula, apa pun dan bagaimanapun kondisinya. Lalu, pergunakanlah tempat tidur sebagai sarana untuk tidur, bukan beraktivitas yang lain! Jadi, begitu bangun, langsung bangun juga dari tempat tidur. (Tambahan, kalo bisa, aktivitas lain juga jangan ada yang dikerjain sambil tidur, minimal duduk lah)... So, it's called behavioural therapy.. Harus melalui pembiasaan!

Nah, sekarang udah tau... saatnya mencoba! Pray me yak. Hohoho. Pengen cepet sembuh >,<

|

0 Comments

Posting Komentar

the fellas...

Copyright © 2009 me talk! All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.