0

pesan untuk calon pekerja di dunia iklan

Posted by laras dini on 09.09
Merefer ke situs ini http://www.kidia.org/news/tahun/2009/bulan/05/tanggal/29/id/100/

Hmm, kita semua tahu, sekarang iklan itu udah menjamur seperti di musim hujan. Setel tv satu jam aja, udah berapa iklan yang masuk ke rekaman memori kita. Dan gaya iklannya pun macem-macem. Dari yang nyambung sama produknya, sampe yang mesti mikir lebih dari dua kali buat paham arti iklannya. Sayangnya, satu kualitas yang susah dicari dari iklan-iklan sekarang, yaitu kejujuran

sebagai contoh, iklan sebuah produk mie instan, yang dibintangi seorang artis multitalenta (?) dan seorang anak. Di iklan itu, produk mie instan dimetaforakan berlebihan, mengandung nutrisi tinggi setara dengan gabungan telur, susu, dan sayuran. Padahal, komposisinya tidak seWAH yang digambarkan. Oke, mungkin ada anggapan "salah sendiri siapa suruh ngebayanginnya ketinggian", tapi... tidakkah itu dilakukan dengan sengaja? Tindakan untuk membiaskan bayangan mengenai komposisi nutrisi di dalam produk, menggunakan trik psikologis untuk mempengaruhi konsumen.

Jika calon konsumennya itu usia dewasa (yaa, katakanlah 19 taun keatas, biar saya termasuk. hehehe), mungkin tidak terlalu jadi masalah, karena kita udah bisa mikir (semoga) apakah yang diiklankan itu benar. Tapi bagaimana kalau targetnya anak-anak? Mereka yang akan cenderung lebih mudah mengIYAkan dan mematuhi yang di iklan. Dan parahnya lagi, ini kadang-kadang sengaja dimanfaatkan oleh produsen iklan. Hehe, di kampus saya, di salah satu mata kuliah sempat diajarkan juga trik-trik marketing dan iklan seperti ini (hayo ngaku, iya kan? =p)

coba simak penuturan anak kecil ini, "Bunda!," katanya dengan heboh, "Sekarang sudah ada mie instan yang bergizi! Ada kandungan telur, susu, dan sayur". Wah, saya kalo jadi ibunya udah cengir-cengir speechless. Hehehe..

Intinya teman-temanku, saya yakin, kita semua orang-orang pintar yang bisa membuat iklan yang hebat-hebat. Tapi, tolonglah.. jangan lupakan satu hal, buatlah iklan yang mencerdaskan juga. Oke? ;)
pesan sponsor : ayo dukung penggunaan media secara sehat!! hehe

|

0 Comments

Posting Komentar

the fellas...

Copyright © 2009 me talk! All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.